Nih Teks Ulang Janji




PELAKSANAAN RENUNGAN DAN ULANG JANJI
PERINGATAN HARI PRAMUKA 

(Pukul  19.00 WIB)
Panitia dan  petugas sudah berkumpul di tempat yang telah ditentukan guna persiapan

(Pukul  20.00 WIB)
(Pelaksanaan Upacara Renungan dan Ulang Janji dimulai)
Terdengar alunan sangkala pertanda panggilan bagi peserta renungan untuk menuju tempat upacara dan satu persatu menempatkan diri membentuk lingkaran persaudaraan, dengan pusat pandangan obor / pelita lambang semangat menyala dalam mencapai cita-cita mulia.

(Pukul 20.15 WIB) Upacara dimulai
Menjelang fajar Hari Pramuka Tahun 2018 , dimana acara peringatan hari Pramuka dilaksanakan. Pada malam yang tenang ini, kita semua para anggota Pramuka Dewasa Gerakan Pramuka berkumpul disini untuk merenungkan hasil-hasil karya yang telah berlalu dengan segala keberhasilan dan kekurangannya.

Marilah kita mulai pertemuan ini dengan saling memberikan hormat sebagai tanda persaudaraan diantara kita.

Pemimpin Upacara : HORMAT -------GRAK---------------------TEGAK -----GRAK

Kiranya Kakak ……………………………….(sebut nama Pembina Upacara) selaku Pembina Upacara berkenan maju tiga langkah.
Dengarkan apa yang tersirat dalam Dasa Dharma Pramuka.
Kita tanamkan dihati kita, kita hayati dan kita amalkan dengan sepenuh usaha.
Kita nyalakan api semangat Dasa Dharma.

10 (Sepuluh) pembawa obor dengan langkah yang mantap maju ke tengah satu persatu menyalakan obor yang menyala dipusat arena. 
Berurutan Dasa Dharma diucapkan, disertai nyala obor dalam sikap sempurna yang menerangi segenap peserta upacara.
Setelah Dasa Dharma ke-10 selesai diucapkan, pembawa obor kembali ke barisan kemudian petugas lagu mengumandangkan kalimat terakhir dari lagu Satya Dharma Pramuka ------KAMI JADI PANDUMU------kemudian diikuti oleh semua peserta renungan.

Sang Merah Putih, lambang kebanggaan Indonesia yang mencerminkan keberanian karena membela persada, serta kesucian karena ketulusan mengabdi kepada pertiwi akan menjadi saksi renungan ini.

(Bendera Merah Putih memasuki arena upacara dan menempatkan diri ditengah arena dengan mengambil posisi sebelah kanan depan Pembina Upacara)
Bersamaan dengan masuknya Sang Merah Putih, pemimpin upacara memberikan aba-aba “KEPADA SANG MERAH PUTIH, HORMAT --------GRAK”---------(Saat telah berhenti)”TEGAK -------GRAK”.

Kakak-kakak tercinta ….. .
Marilah kita merenungkan perjalanan kita, mengabdikan diri kepada Nusa dan Bangsa melalui wadah pendidikan Kepanduan Nasional Gerakan Pramuka, Pendidikan Kepanduan Praja Muda Karana, yang pada tahun ini tepatnya tanggal 14 Agustus2018  telah berjalan selama 55 tahun.

Renungan dibaca 2/3 (dua / tiga) orang petugas secara bergantian, dengan pelan dan khidmat….. .
Setelah kalimat terakhir renungan selesai dibacakan, dikumandangkan lagu “INDONESIA  PUSAKA” dinyanyikan oleh ½ ( Satu / Dua ) orang penyanyi dan dapat diiringi dengan musik

Selanjutnya kiranya Kakak …………………………………(Sebut nama Pembina Upacara) selaku Pembina Upacara mengantarkan kita semua untuk Ulang Janji sebagai bhakti kepada Nusa dan Bangsa tercinta dan juga sebagai tekad penerus cita-cita Pahlawan, Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia, khususnya Pahlawan Pendidikan Kepramukaan.


(Pembina Upacara mengajak peserta untuk Ulang Janji, para peserta tangan kiri memegang ujung setangan leher merah putih dan menempatkannya tepat di detak jantung pada dada sebelah kiri, tangan kanan memberi hormat)

(Selesai ulang janji Petugas lagu mengumandangkan kalimat terakhir lagu Bagimu Negeri ; “BAGIMU NEGRI ------JIWA RAGA KAMI----“ dan terus diikuti oleh semua peserta renungan).

Cukuplah sudah Sang Merah Putih menjadi saksi dan kini berkenan untuk disimpan kembali.

Sang Merah Putih berjalan keluar dari lingkaran dan pemimpin upacara memberi aba-aba :”KEPADA SANG MERAH PUTIH, HORMAT ------GRAK” -----TEGAK ----GRAK”.

Kode kehormatan Pramuka berupa janji telah kita ikrarkan bersama, kita masing-masing telah menjanjikan diri untuk menghayati, melaksanakan dan mengamalkannya.

Selanjutnya …..marilah kita menunjukkan kepala, memohon rahmatt karunia dan bimbingan agar apa yang telah kita ikrarkan itu dapat terlaksana marilah kita berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

(Pembawa Do’a maju satu langkah dan membacakan Do’a)
(semua peserta renungan dengan khidmat berdo’a menurut agama dan keyakinanya masing-masing)
Bahagia kita, oleh karenanya.
Rasa syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, lagu syukur kita ungkapkan bersama.

(Petugas  lagu mengumandangkan kalimat terakhir lagu syukur. SYUKUR AKU SEMBAHKAN KEHADIRATMU TUHAN…….kemudian diikuti oleh peserta renungan menyanyikan lagu syukur).

Akhirnya …….Selamat, Selamat, Selamat memperingati Hari Pramuka Tahun 2018  dan semoga Tuhan Yang Maha Agung senantiasa memberikan ridho dan bimbingan kepada seluruh Warga Gerakan Pramuka dalam usahanya memberikan setitik bhakti mengabdi Ibu Pertiwi.

Kemudian sebagai penutup acara marilah kita saling memberikan hormat, dan setelah itu saling berjabatan tangan sebagai tanda keakraban persaudaraan diantara kita.

(Pemimpin Upacara) : “HORMAT ------GRAK”----------“TEGAK -------GRAK”

(Acara Selesai)
Kepada para tamu, Hadirin dan Peserta Upacara, kami sampaikan ucapan terima kasih.

SELAMAT MEMANDU
“DIRGAHAYU GERAKAN PRAMUKA INDONESIA”
PRAMUKA PEREKAT NKRI
SALAM PRAMUKA