Nih Bagian - Bagian Dan Cara Menggunakan Kompas Bidik

Hay Kawan kawan semua... untuk kali ini kita akan belajar tentang cara menggunakan kompas bidik yang benar. mungkin kawan kawan ada yang sudah pernah melihat langsung kompas bidik dan mungkin ada yang belum pernah sama sekali melihat nya. 

Bagi anggota pramuka untuk menggunakan kompas bidik itu pasti diwajibkan. karena sebagai anggota pramuka kita diwajibkan tau arah apalagi setiap kita melakukan penjelajahan yang di wajibkan juga membuat peta pita, peta lapangan, dan peta buta. karena pembuatan peta tersebut sebagai anggota pramuka harus bisa untuk menggunakan kompas bidik.

nach langsung aja kita disini akan membahas bersama....

BAGIAN - BAGIAN KOMPAS BIDIK

Sebelum mengetahui cara pemakaian Kompas Bidik sebaiknya kita pelajari dahulu bagian-bagian kompas bidik ini terlebih dahulu. Berikut ini adalah gambar kompas beserta komponen kompas bidik:

 untuk kali ini kita akan belajar tentang cara menggunakan kompas bidik yang benar Nih Bagian - Bagian Dan Cara Menggunakan Kompas Bidik


  1. Kawat Pisir, berfungsi sebagai garis pemandu ketepatan ke arah objek bidikan.
  2. Piringan skala derajat, sebagai penunjuk derajat hasil bidikan dan arah mata angin.
  3. Jarum kompas, magnet sebagai penunjuk arah utara-selatan magnetis bumi, sekaligus sebagai pemutar piringan skala derajat secara otomatis.
  4. Rumah kompas, berfungsi sebagai pelindung komponen utama kompas (skala, jarum, tanda arah mata angin).
  5. Lensa pembidik, sebagai alat bantu untuk membaca hasil derajat bidikan dan mensejajarkan kompas dengan objek bidik.

CARA MENGGUNAKAN KOMPAS BIDIK

Setelah kita mengetahui komponen-komponen kompas bidik sekarang kita jelaskan cara pemakaian Kompas Bidik ini, berikut langkah-langkah penggunaannya:

1. Buka kompas bidik!
2. Masukkan jempol kanan ke handle pengait!
3. Arahkan posisi kita ke objek yang akan dibidik!
4. Dekatkan mata kita pada lensa kompas untuk mempermudah bidikan objek!
5. Arahkan kompas (kawat pisir) pada objek yang akan dibidik setepat mungkin! Lensa pembidik, kawat pisir, dan objek bidik harus satu garis lurus atau sejajar
 untuk kali ini kita akan belajar tentang cara menggunakan kompas bidik yang benar Nih Bagian - Bagian Dan Cara Menggunakan Kompas Bidik

6. Setelah dipastikan sejajar, pertahankan bidikan sambil melihat (membaca) hasil yang ditunjukkan pada skala derajat. Hasil penunjukan tersebut merupakan sudut objek bidik (Azimut) yang digunakan sebagai dasar perhitungan untuk mengetahui posisi kita dan objek itu sendiri.

 untuk kali ini kita akan belajar tentang cara menggunakan kompas bidik yang benar Nih Bagian - Bagian Dan Cara Menggunakan Kompas Bidik

Demikian sedikit materi Pramuka yang saya sampaikan mengenai Bagian - bagian dan cara menggunakan kompas bidik, Semoga dapat memberi sedikit pengetahuan dan bermanfaat bagi anda semua.   

Mohon maaf bila ada kesalahan kesalahan mengenai materi yang saya sampaikan ,silahkan tinggalkan komentar supaya dapat mengembangkan Blog Materi Sekolah  ini. Terimakasih.