Nih Hukum Bacaan Mim Mati

Hukum Bacaan Mim Mati - Hukum mim mati adalah salah satu tajwid yang terdapat dalam Al-Qur'an. Hukum ini berlaku jika mim mati bertemu huruf-huruf tertentu.

Hukum bacaan mim mati atau sering disebut dengan hukum bacaan mim sukun ini merupakan salah satu dari cabang ilmu tajwid. Hukum bacaan mim mati atau mim sukun bagi yang sekolah di sekolah islam atau di pondok pesantren , pasti sudah mengenalnya . Nanum diantara kita tentu masih banyak yang belum memahaminya.

Kali ini Materi Sekolah Menjelaskan Tentang Hukum Bacaan Mim Mati, Semoga Bisa Menambah Wawasan Anda Belajar Membaca Alquran Yang Benar, langsung aja silahkan Belajar.

Hukum Bacaan Mim Mati

Mim mati adalah huruf mim yang tidak memiliki tanda baris/harakat (مْ). Ada tiga hukum bacaan mim mati apabila bertemu dengan salah satu huruf hijaiyah, yaitu: izhar syafawi, ikhfa’ syafawi, dan idgam mutammasilain.
Perhatikan bagan contoh hukum bacaan mim mati berikut ini:


1. Izhar Syafawi

Izhar berarti jelas atau terang. Sementara itu, syafawi berarti bibir. Jadi, izhar syafawi adalah terang di bibir dengan mulut tertutup. Tempat keluarnya (makhraj-nya) huruf berada di bibir. Huruf yang dibaca jelas pada bacaan ini adalah huruf mim mati-nya. Jumlah huruf izhar syafawi 27 huruf hijaiyah, kecuali huruf mim (م) dan ba (ب).
Contoh hukum bacaan mim mati bertemu dengan huruf hijaiyah:


2. Ikhfa Syafawi

Ikhfa syafawi adalah apabila mim mati bertemu dengan huruf ba. Mim mati yang bertemu dengan huruf ba (ب) harus dibaca samar-samar, suara bacaan huruf mim dan ba berada di bibir.
Contoh hukum mim mati yang dibaca ikhfa’ syafawi:


3. Idgam Mutamatsilain

Idgam mutammatsilain adalah apabila mim mati bertemu dengan huruf mim (م). Cara membacanya adalah dengan memasukkan suara huruf mim mati ke dalam huruf mim di depannya. Kedua bibir dirapatkan disertai dengan dengung. Idgam mutammatsilain disebut juga idgam mimi karena mim mati bertemu dengan huruf yang sama, yaitu mim.
Contoh hukum mim mati yang dibaca idgam mutammasilain:



Contoh Hukum Bacaan Mim Mati dalam surah Al-Fil:
(1) أَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِأَصْحَابِ الْفِيلِ
(2) أَلَمْ يَجْعَلْ كَيْدَهُمْ فِي تَضْلِيلٍ
(3) وَأَرْسَلَ عَلَيْهِمْ طَيْرًا أَبَابِيلَ
(4) تَرْمِيهِم بِحِجَارَةٍ مِّن سِجِّيلٍ
(5) فَجَعَلَهُمْ كَعَصْفٍ مَّأْكُولٍ

Keterangan:

1. Mim mati bertemu dengan ta dibaca izhar syafawi, dibaca terang di bibir dengan mulut tertutup.


 2. Mim mati bertemu dengan ya dibaca izhar syafawi, dibaca terang di bibir dengan mulut tertutup.


 3. Mim mati bertemu dengan fa dibaca izhar syafawi, dibaca terang di bibir dengan mulut tertutup.







Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai materi Islam. Semoga dapat bermanfaat untuk anda semua dengan adanya Hukum Bacaan Mim Mati mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan ataupun pembahasan. Terimakasih