Nih Pengertian Geografi

Apa Itu Geografi? mungkin anda sekalian ada yang tidak tau tentang apa itu Geografi mata pelajaran IPS yang kita pelajari di bangku sekolah. karena menurut saya pelajaran geografi itu saya sukai karena kita bisa mengenal tentang seluk beluk bumi seperti tempat tempat yang indah indah walaupun fenomena alam. disini akan kita pelajari apa itu geografi menurut para ahli.

Pengertian geografi secara etimologis (asal kata) yaitu gĂȘo ("Bumi") dan graphein ("tulisan", atau "menjelaskan"), jadi secara umum geografi adalah tulisan tentang bumi. Adapun pengertian secara terminologis (istilah), banyak sekali yang mengartikan “geografi” itu sendiri.

 mungkin anda sekalian ada yang tidak tau tentang apa itu Geografi mata pelajaran IPS yang Nih Pengertian Geografi

Konsep geografi telah ada sejak zaman dahulu kala. Bangsa Yunani Kuno telah berusaha mendokumentasikan berbagai macam keterangan yang berkaitan dengan geografi. Geograf pertama pada masa itu adalah Thales (640-546 SM). a telah menyibukkan diri dengan berbagai penelitan dan menggali informasi geografi dengan melakukan perjalanan ke berbagai tempat. Langkah Thales diikuti oleh geograf Yunani lainnya. Sebut saja Herodotus (485-425 SM) yang membuat geografi sekitar wilayah timur tengah, Phytheas yang mengukur jarak matahari ke bumi dan yang paling fenomenal adalah Eratosthenes (276-194 SM) yang mampu menghitung keliling bumi hanya berselisih 1% dari keliling sebenarnya.

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli.

Berikut ini ada beberapa pengertian geografi menurut para ahli atau pakar geografi.
  1. Immanuel Kant. Geografi ialah ilmu yang sumber obyek studinya ialah berupa benda-benda, gejala atau hal-hal yang tersebar luas di muka bumi.
  2. Yeates dan Hagget. Geografi merupakan sebuah ilmu pengetahuan mengenai perkembangan nasional dan pengujian terhadap teori-teori yang menjelaskan dan memperkirakan distribusi spasial dan lokasi berbagai karakteristik dari permukaan bumi.
  3. Hart Shorne. Geografi merupakan disiplin ilmu yang berusaha untuk menginterpretasikan dan menguraikan karakter variabel dari satu tempat ke tempat lainnya di muka bumi sebagai wadah atau tempat manusia untuk hidup.
  4. Claudius Ptolomaeus. Geografi adalah suatu penyajian melalui peta dari sebagian dan seluruh permukaan bumi.
  5. Alexander Von Humboldt. Geografi adalah studi tentang pengaruh lingkungan alam terhadap manusia.
  6. Erasthothenes. Ia mengungkapkan Geografi bermula dari kata geographica yang artinya penggambaran atu penulisan mengenai bumi.
  7. Preston E James. Menurut pengungkapan beliau, bahwasannya geografi merupakan induk dari semua ilmu pengetahuan yang ada. Hal itu disebabkan karena begitu banyak bidang ilmu pengetahuan yang sering dimulai dari keadaan permukaan bumi dan dilanjutkan pada studi masing-masing.
  8. Bintaro. Beliau menjelaskan bahwa Geografi pada dasarnya ialah ilmu pengetahuan yang menerangkan, menjelaskan sifat-sifat bumi, menganalisa seluruh gejala alam dan penduduknya serta mempelajari corak-corak yang khas tentang sebuah kehidupan dari unsur-unsur bumi.
  9. Elsworth Huntington. Geografi ialah studi mengenai fenomena pada permukaan bumi berikut penduduk yang menghuninya. Beliau pun menjelaskan bahwa adanya hubungan timbal balik antara sifat-sifat gejala  permukaan bumi dengan penduduknya.
  10. Prof. Bintarto. Menurut beliau geografi merupakan ilmu yang mempelajari suatu hubungan kausal gejala-gejala di bumi dan semua peristiwa yang terjadi di bumi baik yang bersifat fisikal maupun yang berhubungan dengan makhluk hidup beserta permasalahannya, melalui pendekatan keruangan, ekologikal dan regional , untuk kepentingan sebuah program, sebuah proses dan berhasilnya sebuah pembangunan.
  11. Mustofa Bisri, menyatakan bahwasannya geografi merupakan sebuah ilmu yang menjabarkan tentang permukaan bumi, iklim, cuaca, flora dan fauna, serta basil-basil yang diperoleh dari bumi itu sendiri.
  12. UNESCO mendefinisikan Geografi sebagai: 1. one agent synthesis; 2. a nexus study outside; 3. science in the use of land.
Cukup sekian dari saya tentang Materi IPS khususnya dalam pembahasan Pengertian Geografi. Semoga dapat bermanfaat untuk anda semua, mohon maaf jika ada kesalahan penulisan ataupun pembahasan. Terimakasih.