Nih Contoh Contoh Pidato

CONTOH PIDATO CINTA TANAH AIR

Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarokatuh

Yang terhormat, bapak/ibu juri lomba pidato tingkat SMA
Yang saya hormati, bapak/ibu tamu undangan
Serta teman teman yang berbahagia

Cinta tanah air merupakan nilai moral bangsa yang semakin hari semakin menipis. Adanya pasar bebas dan budaya luar yang masuk secara bebas menjadi salah satu penyebab lunturnya rasa cinta pada tanah air dan semua adat budaya yang ada di dalamnya. Bahkan, pada era modern sekarang ini, sulit sekali menemukan remaja yang menghormati ideology-ideologi negara, bahkan kadang mereka yang tinggal di luar negeri malah malu mengakui kalau dirinya berasal dari negara Indonesia.

Hadirin yang saya hormati, menumbuhkan rasa cinta pada tanah air memang tidak mudah. kecintaan ini harus hadir dalam diri kita masing-masing secara natural dan dimulai secepat mungkin. Sebagai contoh, jika kita memiliki anak kecil di rumah, kita bisa bisa bercerita tentang sejarah bangsa di waktu senggang sebagai pengganti dongeng anak. Selain itu, kita juga bisa mengajak anak untuk mendengarkan lagu-lagu nasional.

Hadirin yang berbahagia, jika kita sebagai pelajar, ada banyak hal juga yang bisa kita lakukan sebagai wujud dari rasa cinta kita pada tanah air. Sebagai contohnya, kita bisa belajar dengan rajin sebagai wujud dari usaha kita untuk menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas. Di samping itu, kita juga bisa selalu menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan bahasa daerah kita saat berkomunikasi. Meskipun sekarang ini lebih gaul untuk menggunakan bahasa asing atau bahasa prokem, bahasa gaul dan alay anak-anak muda saat ini, kita harus berusaha untuk menggunakan bahasa yang baik dan benar.

Hadirin yang saya hormati, mencintai tanah air juga bisa kita lakukan dengan cara merawat dan menghormati symbol-simbol negara, seperti bendera merah putih dan lambang burung garuda. Tidak sepantasnya jika kita menggunakan bendera merah putih itu sebagai serbet atau kain pel. Selanjutnya, kita juga harus mencintai produk dalam negeri. Meskipun saat ini banyak barang impor yang masuk ke Indonesia, kita harus yaking bahwa kualitas barang tersebut tidak jauh beda dengan produk buatan dalam negeri.

Hadirin yang berbahagia, melaksanakan upacara setiap hari senin jyga tidak boleh kita tinggalkan. Semua itu adalah wujud dari rasa cinta kita pada tanah air. Di dalam upaca bendera itu banyak sekali symbol-simbol negara yang bisa kita lestarikan, seperti penghormatan kepada bendera merah putih, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, menyanyikan lagu-lagu nasional, dan kedisiplinan.

Selain itu, wujud cinta tanah air yang harus kita jaga juga bisa kita lakukan dengan tindakan-tindakan kecil sehari-hari seperti menjaga kebersihan lingkungan sekitar kita. Dengan menjaga lingkungan sekitar, kita telah mewujudkan cinta pada negara kedaulatan kita. Tidak membuang sampah sembarangan, tidak menebang pohon sembarangan, dan melakukan kegiatan sosial seperti menyantuni anak yatim, juga merupakan perwujudan rasa cinta tanah air.

Hadirin yang saya hormati, di sekolah merupakan tempat yang tepat untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air. Selain melaksanakan upacara bendera, kita bisa juga mempelajari budaya dan tempat-tempat bersejarah, seperti candi, kebudayaan lokal, dan tarian daerah. Kita juga bisa mengenal para pahlawan dengan mempelajari sejarah beliau. Memperingati hari pahlawan, hari kartini, dan hari kemerdekaan juga merupakan wujud dari cinta tanah air.

Hadirin yang berbahagia. Hanya ini yang bisa saya sampaikan. Semoga ada hikmah yang kita ambil dari paparan ini. Terimakasih.

Akhir kata, wabilahi taufik walhidayah
Wassalamu’alakum Warrahmatullahi Wabarakatuh


SHALAT
Assalaamu’alaykum..
Shalat adalah suatu ibadah yang terdiri dari perkataan-perkataan dan perbuatan – perbuatan tertentu yang dimulai dengan takbiratul Ihram dan disudahi dengan Salam disertai dengan syarat-syarat yang telah ditetapkan.
Definisi Semacam ini telah disepakati oleh para ulama ahli fiqih dimana mereka mengatakan :
“Assholaatu Hiya Aqwaalun wa Af’aalun, Muftatahatun Bittakbiyr, Mukhtatamatun Bittasliym, Bisyarooitho Makhshushoh.”
Artinya : “Shalat adalah perkataan-perkataan dan perbuatan-perbuatan yang dimulai dengan takbir dan disudahi dengan Salam yang dengannya itu kita dianggap beribadah (kepada Allah) dengan syarat-syarat yang telah ditentukan. ”
Fadilah Sholat (Ayat & Hadits yang berkaitan) ;
Didalam Agama Islam Shalat mempunyai kedudukan yang tak dapat ditandingi oleh ibadah-ibadah yang lain. Ada banyak kutipan ayat-ayat Al-qur’an mengenai keutamaan Shalat. Inilah beberapa kutipan tersebut :
“Peliharalah semua Shalat(mu), dan peliharalah shalat wusthaa” (Al Baqarah :238)
“Dan dirikanlah shalat untuk mengingatKu” (Thaha : 14)
“Dan perintahkanlah kepada keluargamu untuk mendirikan shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya” (Thaha : 132)
“Dan dirikanlah olehmu shalat, karena sesungguhnya shslat itu dapat mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan munkar” (Al Ankabut : 45)
“Dan dirikanlah olehmu akan shalat dan berikanlah olehmu zakat dan ruku’lah beserta orang-orang yang ruku’ “(Al-Baqarah : 43)
“Sungguh beruntung orang-orang beriman, yaitu orang yang khusyuk dalam shalatnya.” (Qs.Al-mu’minuun:1-2)
“Wahai orang-orang yang beriman ! Rukuklah, sujudlah dan sembahlah Tuhanmu dan berbuat baiklah agar kamu beruntung.” (Qs. Al-Hajj : 77)
“Wahai orang-orang beriman ! Mohonlah pertolongan kepada Allah dengan sabar dan shalat. Sungguh Allah beserta orang-orang yang sabar.”
(Qs. Al-Baqarah: 153)

Dengan memperhatikan ayat-ayat tersebut dapat dipahami bahwa Shalat mempunyai kedudukan tersendiri ,bahkan dalam salah satu hadist dijelaskan bahwa Shalat adalah tiang agama. Sebagaimana sabda Rosululloh Shollalloohu ‘Alayhi wa Sallam ;
“Shalat adalah tiang agama, barang siapa yang mengerjakannya berarti ia menegakkan agama, dan barang siapa meninggalkannya berarti ia meruntuhkan agama” (HR. Bayhaqi)
Beberapa Hadits yang berkaitan dgn Sholat ;
“Yang pertama-tama diperhitungkan terhadap seorang hamba di hari kiamat dari amal perbuatannya adalah tentang sholatnya. Apabila shalatnya baik, maka dia beruntung dan sukses. Apabila shalatnya buruk, maka ia kecewa dan merugi.” (HR. An-nasa’i, At-turmudzi)
Shalat merupakan penghubung antara hamba dengan Tuhannya. Ia merupakan sebesar-besarnya tanda iman dan seagung-agungnya syiar agama. Shalat merupakan tanda syukur atas nikmat yang telah dikaruniakan Alloh kepada hambanya. Ia merupakan ibadah yang membuktikan keislaman seseorang. Shalat adalah ibadah yang sangat mendekatkan hamba kepada Kholiqnya, Hal ini berdasarkan hadits Nabi Shollalloohu ‘Alayhi wa Sallam yang berbunyi :
“Aqrobu Maa Yakuwnul ‘Abdu Lirobbihi Wahuwa Saajidun Faaktsiruu Fiyhiddu’aa.”
“Sedekat-dekat hamba kepada Tuhannya ialah dikala hamba itu bersujud (didalam Shalat). Maka banyak-banyaklah berdo’a didalam sujud itu”
“Perbanyaklah sujud kepada Alloh. Sesungguhnya bila sujud sekali saja Alloh akan mengangkatmu satu derajat dan menghapus satu dosamu.” (HR.Muslim)

Semoga Alloh Subhaanahu wa Ta’aala, Mengistiqomahkan kita dalam ‘Amal Sholat yang sesuai dgn Ajaran Rosululloh Shollalloohu ‘Alayhi wa Sallam yaitu ; Tertib Waktu (Di Awal Waktu), Tertib Cara (Berjama’ah, kecuali Akhwat), Tertib Tempat (Di mana Adzan di Kumandangkan). Sampai Akhir Hidup Kita. Amiin Ya Robbal ‘Aalamiin.
Walloohu A’lam Wa Musta’an.
Wassalaamu’alaykum…



















Naskah Pildacil: Adab Kepada Orang Tua
Asalamualaikum wr.wb
Hamdan Wa Syukron lillah,Solaatan wa salaaman ‘ala rosulillah.ammaa ba’du.
Yang terhormat Para Alim Ulama’
Yang terhormat Dewan juri
Yang terhormat bapak dan ibu guru yang hadir pada acara ini
Hadirin dan hadirat yang berbahagia
Serta teman-teman seperjuangan yang saya banggakan.
Ayo, bersyukur kepada Allah. Ayo, bersalawat kepada rasulullah. Dan ayo, berbakti kepada kedua orang tua kita.
Teman-temanku, maukah kalian masuk surga? Ayo, mau tidak? Jika mau, begini caranya: pelukah kedua tangan orang tua kita kita seraya ucapkan:
Asalamualaikum ya abi ya umi,
Asalamualaikum ya abi ya umi,
Salam indah kupersembahkan,
Dari Allah Yang Penyayang,
Salam indah ku persembahkan,
Dari Allah Yang Penyayang.
Teman-temaanku yang tersayang, memberi salam dan doa kepada kedua orang tua itu merupakan salah satu contoh adab yang baik terhadap orang tua.
Ada contoh lagi teman-temanku, yaitu kita harus rajin mengaji supaya menjadi anak yang saleh. Ke sekolah tidak malas lagi, tentu akan membuat hati orang tua kita bahagia. Nah, membahagiakan orang tua adalah salah satu cara untuk mendapatkan ridonya.
Teman-temanku, Coba dengarkan, ikutilah dan bertepuk tangnalah;
Aku (prok, prok, prok)
Anak saleh (prok, prok, prok)
Rajin solat (prok, prok, prok)
Rajin ngaji (prok, prok, prok)
Orang tua (prok, prok,prok)
Dihormati (prok, prok, prok)
Cinta islam (prok, prok, prok)
Sampai mati (prok, prok, prok)
Lailahaillah muhammadurosulullah. Yes !!!
Nah, menghormati orang tua begitu banyak caranya. Diantaranya dengan mentaati apa yang mereka perintahkan yang sejalan dengan ajaran agama kita. Apabila orang tua memerintahkan untuk membelikan sesuatu, maka hendaklah kita tidak menolaknya dan pergunakanlah bahasa yang baik.
Adab terhadap orang tua ini dijelaskan oleh Alloh SWT dalam surat Al Isra ayat 23:
وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعۡبُدُوٓاْ إِلَّآ إِيَّاهُ وَبِٱلۡوَٲلِدَيۡنِ إِحۡسَـٰنًا‌ۚ إِمَّا يَبۡلُغَنَّ عِندَكَ ٱلۡڪِبَرَ أَحَدُهُمَآ أَوۡ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُل لَّهُمَآ أُفٍّ۬ وَلَا تَنۡہَرۡهُمَا وَقُل لَّهُمَا قَوۡلاً۬ ڪَرِيمً۬ا (٢٣)
“Dan Tuhanmu Telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, Maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia”


Mengucapkan kata ah kepada orang tua tidak dlbolehkan oleh agama apalagi mengucapkan kata-kata atau memperlakukan mereka dengan lebih kasar daripada itu.
Terus, apabila kita hendak pergi sekolah, maka kita harus ingat untuk bersalaman terlebih dahulu. Jangan hanya meminta uang jajan lantas kita pergi begitu saja. Itu contoh kecilnya. Nah, apabila kita bisa menghormati orang tua, maka sudah termasuk anak yang soleh.
Kesimpulan pidato saya ialah ada menghormati orang tua adalah salah satu adab yang baik kepada orang tua.
Demikianlah, yang dapat saya sampaikan. Mudah-mudahan pidato saya bermanfaat bagi kita semua.
Ikan Lohan ikan gurami, banyak terdapat di danau Nongsa
Segala kesalahan dari kami, dan kebenaran dari yang Esa
Wasalamualaikum. Wr. Wb






















Pidato Memilih Teman Bergaul Yang Benar
Assalamu'alaikum wr.wb.

Yang Kami hormati bapak dan ibu guru
Yang Kami hormati seluruh staf sekolah
Juga Anak-anak ku sekalian yang Bapak cintai.

Puji syukur hanya bagi Allah yang menguasai seluruh alam. Rahmat dan salam semoga tetap dilimpahkan kepada seorang Nabi yang tidak akan ada Nabi sesudahnya, Nabi Muhammad Saw. , kepada keluarga dan sahabatnya seluruhnya.

Anak-anakku sekalian yang bapak cintai....

Coba jawab pertanyaan bapak ini! Siapa yang tahu, apa faktor yang sangat berpengaruh terhadap kalian dimasa yang akan datang?

Salah satu yang sangat mempengaruhi kalian adalah lingkungan dan teman yang merupakan tempat kalian bergaul. Salah bergaul, salah memilih teman maka bisa fatal akibatnya.

Sebagai generasi muda tentu banyak pihak yang sangat berharap kalian semua bisa menjadi tulang punggung bangsa yang bisa di andalkan. Banyak pihak yang sangat mengharapkan kalian suatu saat nanti menjadi orang yang berhasil, baik dalam hal jabatan, keuangan, profesi dan lain sebagainya.

Orang tua kalian, kami semua dari pihak sekolah sangat mengharapkannya. Tidak satu pun orang tua dan sekolah yang menginginkan anaknya menjadi orang gagal.

Kita tahu kejadian yang tragis di waktu lalu, seorang murid di sekolah tetangga melakukan bolos. Ia membawa motor ugal-ugalan dalam kondisi sedang mabuk. Naas ia menabrak mobil kontainer, badannya masuk ke kolong mobil hingga nyawanya tak tertolong lagi.

Satu lagi kabar menyedihkan yang kalian juga sudah tahu bahwa salah satu murid sekolah tetangga meninggal dunia dengan mulut berbusa. Ternyata ia meninggal dunia karena oper dosis.

Apa yang bisa diharapkan oleh orang tua dan sekolah jika terjadi demikian. Pupus sudah semua harapan.

Karena itu bapak mengajak kepada kalian semua Selektif memilih lingkungan dan teman.

Kalian masih muda. Sangat rentan terpengaruh oleh teman dan lingkungan temat kalian bergaul. Kalian tentu sudah mendengar bagaimana seorang anak yang akhirnya menjadi pecandu narkoba, tukang bolos, dan perbuatan negatif lainnya karena salah bergaul.

Tentu kalian sudah mendengar pula kejadian-kejadian yang baru saja bapak ceritakan. Karenanya buka pikiran kalian dan perhatikan yang satu ini untuk kalian yakni hati-hatilah dan pilih-pilih teman dan lingkungan pergaulan kalian.
Pilih teman yang punya semangat, yang berjiwa suport (mendukung). Buang perbuatan sia-sia.
Dan yang terpenting saat ini kalian lakukan adalah karena kalian masih sekolah maka kewajiban kalian saat ini sebagai salah satu tahap menuju keberhasilan adalah belajar yang sungguh-sungguh, melatih kepribadian untuk memiliki sikap dan karakter yang baik, dan memilih teman dan lingkungan pergaulan yang baik.
Demikian apa yang bisa bapak sampaikan pada upacara kali ini, semoga ada manfaatnya. Mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan.

Wassalamu 'Alaikum wr. wb. 



Assalam Wr Wb
Yang terhormat Bapak / ibu hadirin semua
Dan yang saya banggakan anak – anak penerus bangsa
Pengawal kata marilah kita mengucapkan syukur berkat rahmat berupa keselamatan, kesehatan dan yang teroenting adalah keimanan. Sehingga dari itu kita bisa berkumpul bersama – sama di tempat yang kita cintai ini.

Setelah itu tidak lupa pula shalawat berangkaikan salam kita hadiahkan kepad roh nabi sepanjang masa yak ni nabi Muhammad SAW. Semoga dengan semakin banyaknya kita bershalawat kepada beliau kita akan medapatkan syafaatnya di hari pembalasan kelak. Amin

Baiklah dengan mengingat waktu langsung saja saya masuki judul pudato saya yaitu tentang ciri – ciri anak shaleh / shalehah :
Anak shaleh / shalehah adaah seorang yang senantiasa selalu menjalankan perintah dari Allah SWT dan senantiasa selalu berbakti kepadaorang tua. Nah berikut ini adalah beberapa ciri – ciri anak shaleh / shalehah tersebut.
  1. Cinta kepada Allah SWT dengan tanpa ada menyekutukannya dengan apapun dan juga tidak beribadah ataupun menyembah kepada selainNya seperti misalnya beribadah / menyembah kepada, Matahari, Sapi, Nyi Roro Kidul, Kerbau, Dewa-Dewi, Batu, Kuburan orang sholeh, Pohon-pohon besar, patung dan sejenisnya.
  2. Mencintai nabi Muhammad SAW sebagai Nabi utusan dari Allah SWT dengan mematuhi apa – apa perintahnya serta menjauhi apa yang dilarangnya, dan juga percaya dengan segala risalah yang dibawanya yaitu hadits atau As-Sunnah.
  3. Cinta kepada kitab yaang diturukan kepada nabi Muhammad SAW yaitu Al-Qur’an, yaitu dengan selalu membacanya, kemudian senantiasa selalu muroja’ah berusaha untuk menghafalnya karena orang – orang yang menjaganya akan mendapat syafaat kelak di hari kiamat.
  4. Mecintai para shahabat – sahabat Rasulullah SAW yang telah turut untuk membela serta memperjuangkan agama Islam disisi Rasulullah SAW dengan tanpa ada membenci mereka apalagi mencaci mereka.
  5. Cinta kepada para keluarga Rasulullah SAW yang turut ikut berjuang bersama Rasulullah SAW dalam menyebarkan agama Islam ke seluruh negeri dan juga cinta kepada orang – orang yang selalu mengikuti jalan yang ditunjuk oleh Rasulullah SAW.
  6. Mencintai Sholat lima waktu dengan tanpa ada sekalipun meninggalkannya serta selalau melaksanakan sholat - shalat sunnah, Berjama’ah di Masjid bagi anak laki – laki dan shalat tepat waktu dirumah bagi anak perempuan
  7. Cinta masjid, karena masjid merupakan rumah Allah SWT dengan tidak membuat onar ataupun keributan di dalamnya serta tidak bercanda ataupun tertawa ketika sedang sholat karena cinta mereka kepada Allah SWT dan menghargai rumah Allah SWT.
  8. Mencintai kedua orang tua, dengan selalu mematuhi segala perintahnya, tidak membuat mereka sakit hati, selalu berbuat baik kepada mereka, dan selalu berusaha untuk menyenangkan hati kedua orang tua dan tidak mau bandel apalagi menyusahkan keduanya.
  9. Cinta kepada saudara, adik-kakak, paman-bibi, kakek-nenek, tetangga dan kepada seluruh kaum muslimin yang ada di seluruh dunia.
  10. Cinta dan sayang kepada para fakir miskin, anak yatim, anak terlantar, dengan memberikan bantuan sesuai dengan ia bisa dan sesuai dengan yang diperlukanSemoga adik-adik bisa mengambil
Nah seperti yang saya jelaskan diatas, saya berharap kita semua menjadi anak yang soleh / shlaheh seperti yang sudah saya jelaskan tersebut. Mungkin sampai disini dulu penyampaian saya hari ini. Terima kasih dan mohon maaf atas segala kekurangan dan juga kesalahan.

Wassalam Wr Wb