Nih Proposal Permohonan Dana Bantuan Operasional Pendidikan (Bop) Paud
PROPOSAL
PERMOHONAN DANA
BANTUAN OPERASIONAL PENDIDIKAN (BOP)
PAUD ……………………………
Diajukan kepada:
KEPALA DINAS PENDIDIKAN
PROVINSI JAWA TENGAH
Untuk Memperoleh Dana Bantuan Operasional Pendidikan
(BOP)
Tahun 2011
…………………………….
Jl. ……………………………..
Kecamatan …………………… Kabupaten Kendal
PEMERINTAH KABUPATEN KENDAL
DINAS PENDIDIKAN DAN OLAHRAGA
Jalan Pramuka No. 4 Kendal Telp. (0294) 381457 Fax. (0294) 382440
REKOMENDASI
NOMOR: /DIKPORA
Berdasarkan hasil verifikasi lembaga dan dokumen proposal yang diajukan, dengan ini kami memberikan rekomendasi kepada:
Nama Lembaga : PAUD …………………….
Ketua Penyelenggara : ………………………
Alamat Lembaga : Jl. ……………………..
Kecamatan …………….. Kabupaten Kendal
No. Telp. : …………………………..
Untuk ikut berkompetensi sebagai Calon Penerima Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) Program Pendidikan Anak Usia Dini kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah yang bersumber dari APBN Tahun Anggaran 2011.
Kendal, Desember 2011
a.n. Kepala Dinas Kabupaten Kendal
Kepala Bidang Pemuda, Olahraga dan PNF
……………………………………….
Pembina
NIP. ………………………..
LEMBAR PERSETUJUAN
(REKOMENDASI)
PROGRAM
BANTUAN OPERASIONAL PENDIDIKAN
PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
TAHUN 2011
PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
PAUD ………………………
…………………………….
KECAMATAN…………………… KABUPATEN KENDAL
Disetujui untuk diajukan mengikuti seleksi
Program Bantuan Operasional Pendidikan (BOP)
Pendidikan Anak Usia Dini (BOP)
Di Dinas Provinsi Jawa Tengah
Kendal, Desember 2011
PAUD ……………………….
Ketua Penyelenggara
……………………….
Mengetahui,
An. Kepala Dinas Pendidikan Kepala UPTD Dinas Dikpora
Pemuda dan Olahraga Kecamatan Pageruyung
Kabid Pemuda, Olahraga dan PNF
Sih Purwadi PM, S.Pd Darsiyanto, S.Pd. M.Pd
NIP. 19611209 198803 1 012 NIP. 19600728 198303 1 010
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan PAUDan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas tersusunnya Proposal Dana Bantuan Operasional Pendidikan, Pendidikan Anak Usia Dini PAUD ………….. Desa …………………., Kecamatan Pageruyung, Kabupaten Kendal.
Proposal ini kami susun mengingat di Desa ……………… merupakan tempat yang strategis untuk menyelenggarakan pendidikan dini yang belum tersentuh oleh pendidikan.
Proposal ini diharapkan mendapat perhatian untuk ditindaklanjuti karena keberadaan PAUD ……………… sangat diharapkan oleh warga masyarakat.
Tersusunnya proposal ini tidak lepas dari kerjasama semua pihak serta bantuan baik materiil, untuk itu kami ucapkan terima kasih.
………………………
Ketua Penyelenggara
……………………
PROPOSAL
DANA BANTUAN OPERASIONAL PENDIDIKAN
PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
PAUD ……………………..
TAHUN 2011
A. LATAR BELAKANG
Anak adalah anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa sehingga setiap orang yang dikaruniai anak wajib membimbing dan menyayangi dengan memberikan upaya yang terbaik untuk anak sejak dini, karena anak adalah harapan masa depan keluarga dan bangsa.
Kehadiran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menjadi bagian dan sistem pendidikan nasional Indonesia menjadi semakin sangat penting bagi peletakan dasar pendidikan anak seperti tertuang dalam Undang-undang nomor 20 tahun 2003. PAUD merupakan salah satu kunci mengatasi keterpurukan bangsa.
Pendidikan Anak Usia Dini dilakukan dengan tujuan memberi konsep yang baik bagi anak melalui pengalaman nyata dan bermakna, karena hanya melalui pengalaman nyata dan bermaknalah anak dapat menunjukkan aktivitas dan rasa ingin tahu secara optimal dengan menempaPAUDan posisi pendidikan sebagai pendamping, pembimbing serta fasilitator bagi anak sehingga menghindari bentuk pembelajaran yang berorientasi pada kehendak guru yang menempaPAUDan anak secara pasif dan guru menjadi dominan.
Pada anak usia dini anak mengalami keemasan yang merupakan masa dimana anak mulai mengalami perkembangan sehingga mereka mulai peka untuk menerima berbagai rangsangan. Maka kepekaan masing-masing anak berbeda seiring dengan laju pertumbuhan dan perkembangan anak secara individual. Masa peka adalah masa terjadinya kematangan fungsi fisik dan psikis yang siap merespon stimulasi yang diberikan oleh lingkungan. Masa ini merupakan masa peletak dasar untuk mengembangkan kemampuan kognitif, motorik, bahasa, emosional, agama dan moral.
Pendidikan Anak Usia Dini merupakan wahana pendidikan yang sangat fundamental dalam memberikan kerangka dasar terbentuk dan berkembangnya dasar-dasar pengetahuan, sikap dan keterampilan pada anak. Keberhasilan pendidikan pada masa dini tersebut menjadi dasar untuk proses pendidikan selanjutnya. Demikian juga keberhasilan penyelenggara.
B. DASAR HUKUM
1. UUD 1945
2. UU No. 4 Tahun 1974 tentang Kesejahteraan Anak
3. UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
4. UU No. 23 Tahun 2002 tentang Perkembangan Anak
5. PP No. 27 Tahun 1990 tentang Pendidikan Kelompok Bermain dan Tempat Penitipan Anak
6. Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Direktorat Pembinaan Khusus dan Kelembagaan Tahun 2011.
7. Satuan Kerja Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Tahun 2011.
C. TUJUAN
1. Tujuan Umum
Untuk membantu menyediakan layanan pendidikan yang terjangkau dan bermutu bagi anak usia 2-6 tahun serta mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak agar nantinya siap memasuki tahap pendidikan berikutnya atau pendidikan dasar.
2. Tujuan Khusus
Tujuan khusus agar anak mampu:
a. Mengembangkan kemandirian anak dalam kehidupan sehari-hari.
b. Mengembangkan kemampuan komunikasi secara lisan dengan lingkungannya.
c. Mengembangkan daya pikir untuk perkembangan pengetahuan.
d. Mengembangkan daya cipta untuk menjadi kreatif.
e. Mengembangkan keterampilan motorik.
f. Mengembangkan kehidupan beragama sedini mungkin.
D. SASARAN PROGRAM
1. Sasaran penyelenggaraan Program PAUD adalah anak usia 2-4 tahun yang berasal dari masyarakat ………………dan sekitarnya.
2. Jumlah sasaran peserta didik sebanyak……………. anak.
E. LOKASI
Lokasi PAUD Al Istiqomah berada di ……………….., Kecamatan …………… Kabupaten Kendal.
F. KETENAGAAN
Ketenagaan yang diberikan dalam pengelolaan lembaga:
No. | Tugas | Rincian Tugas | Nama | Pendidikan Terakhir |
1 | Ketua | |||
2 | Bendahara | |||
3 | Sekretaris |
G. RENCANA ANGGARAN
Rencana Anggaran Penggunaan Dana (terlampir)
H. DAYA DUKUNG
Guna mendukung pelaksanaan program PAUD dimaksud, sarana dan prasarana dan pendidik yang ada di lembaga adalah sebagai berikut:
1. Sarana dan Prasarana
No. | Jenis Sarana/Prasarana | Jumlah | Keadaan |
1 | |||
2 | |||
3 |
2. Pendidikan dan Tenaga Kependidikan
No | Jenis Tenaga Kependidikan | Nama | Pendidikan | Jabatan |
1 | Pengelola | |||
2 | Pendidik |
I. TINDAK LANJUT
1. Tindak lanjut dari Program PAUD ……………….. setelah mendapat Dana Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) sebesar Rp 7.500.000,- (Tujuh juta limaratus ribu rupiah) akan lebih berkembang, mandiri dan berhasil dalam mempersiapkan generasi yang beriman, bertaqwa, terampil, sehat dan cerdas.
2. MeningkaPAUDan mutu dengan mengoptimalkan segala potensi yang dimiliki melalui berbagai pelatihan, seminar, workshop dan lain-lain.
3. MeningkaPAUDan program-program PAUD yang mengarah pada peningkatan pendidikan, perkembangan dan kreatifitas anak melalui pelaksanaan kegiatan yang diminta anak.
4. Sosialisasi kepada masyarakat/orang tua yang dilaksanakan secara berkala dan terus menerus.
5. Pemeliharaan dan peningkatan sarana dan prasarana pendukung program secara kontinyu dan bertahap.
6. Peningkatan SDM pendukung program.
7. Mengembangkan kerjasama pendanaan dengan berbagai pihak, pemerintahan daerah dan masyarakat.
J. PENUTUP
Demikian proposal PAUD ini kami susun dalam rangka Pengajuan Bantuan Operasional Pendidikan melalui Dana APBN Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah.
Besar harapan kami akan terkabulnya permohonan dimaksud karena sangat dibutuhkan oleh PAUD ……………….. untuk menunjang kegiatan belajar sehingga dapat mengembangkan kemampuan anak secara utuh.
………………..,……………………….
Ketua Pengelola
PAUD ……………………….
……………………….
JADWAL KEGIATAN MENGAJAR
DI PAUD ……………………………..
KECAMATAN …………………….. KABUPATEN KENDAL
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Hari | Jam | Kegiatan | Keterangan |
Senin | 07.45 – 08.00 08.00 – 08.15 08.15 – 08.30 08.30 – 09.30 09.30 – 09.50 09.50 – 10.00 10.00 | Penyambutan anak Olahraga Pagi Persiapan Pembelajaran Pembelajaran Istirahat Persiapan Pulang Pulang | Disesuaikan dengan tema pembelajaran Makan bekal bersama |
Selasa | 07.45 – 08.00 08.00 – 08.15 08.15 – 08.30 08.30 – 09.30 09.30 – 09.50 09.50 – 10.00 10.00 | Penyambutan anak Olahraga Pagi Persiapan Pembelajaran Pembelajaran Istirahat Persiapan Pulang Pulang | Disesuaikan dengan tema pembelajaran Makan bekal bersama |
Rabu | 07.45 – 08.00 08.00 – 08.15 08.15 – 08.30 08.30 – 09.30 09.30 – 09.50 09.50 – 10.00 10.00 | Penyambutan anak Olahraga Pagi Persiapan Pembelajaran Pembelajaran Istirahat Persiapan Pulang Pulang | Disesuaikan dengan tema pembelajaran Makan bekal bersama |
DAFTAR PESERTA DIDIK
PAUD …………………………
KECAMATAN ………………. KABUPATEN KENDAL
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
No. | Nama | L/P | Tempat, Tanggal Lahir |
Kepala PAUD ………………………
…………………………….
NIP.
STRUKTUR ORGANISASI
PAUD …………………………….
KECAMATAN ………………… KABUPATEN KENDAL
TAHUN PELAJARAN 2011/2012