Nih Nama Samudera Dunia Dan Peta Letaknya

NAMA NAMA SAMUDERA DUNIA


Bumi pada hakekatnya terdiri atas 2 bagian, yaitu lautan dan daratan. Daratan bisa terbagi menjadi daratan atau dataran rendah dan dataran tinggi atau pegunungan. Sungai, danau atau rawa masuk ke dalam wilayah daratan meskipun secara umum tidak dikatakan dengan istilah darat. Daratan merupakan tempat bagi kehidupan manusia dan sebagian besar flora dan fauna. Sedangkan lautan merupakan tempat habitat hewan laut seperti ikan, tumbuhan laut, mamalia laut dan sebagainya. Lautan secara umum bisa berbentuk teluk, selat, laut atau yang lebih luas lagi adalah samudra. Perbandingan antara lautan dan daratan pada permukaan bumi kita adalah kurang lebih 71 %nya berupa lautan dan 29 %nya berupa daratan. Dan sebagian besar lautan merupakan samudra yang luas yang terbentang antara barat hingga timur. Dan samudera inilah yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini.
 Daratan bisa terbagi menjadi daratan atau dataran rendah dan dataran tinggi atau pegunung Nih NAMA SAMUDERA DUNIA DAN PETA LETAKNYA

NAMA SAMUDERA DENGAN UKURANNYA DIMULAI DARI YANG TERLUAS & TERBESAR DI DUNIA

Samudra pada dasarnya disebut dengan lautan yang sangat luas yang meliputi atau terdiri dari massa air asin yang saling bersambung satu sama lain yang berada di atas permukaan bumi dengan dibatasi benua atau kepulauan besar. Luas samudra secara keseluruhan diperkirakan mencapai 361.000.000 km2 dengan debit air diperkirakan sekitar 1.370.000 km³ dan mempunyai kedalaman rata – rata kurang lebih diperkirakan sekitar 3.790 m. Ada sekitar 5 Samudra di atas permukaan bumi ini. Untuk lebih jelasnya, berikut kami sajikan daftar nama samudra terluas dan terbesar di dunia dari yang paling luas areanya :


1. Samudra Pasifik

Samudra pasifik merupakan samudra yang paling luas diantara kelima samudra yang ada. Luas areanya mencapai 179,7 juta km² dengan panjang sekitar 15.500 km dan lebar sekitar 19.800. Ukuran panjang bisa kita hitung mulai dari Laut Bering di Arktik sampai pada batasan es di Laut Ross di Antartika bagian selatan. Sedangkan untuk lebar samudra pasifik yang paling besar bisa dihitung dari negara kita indonesia sampai pesisir negara kolombia. Letak samudra pasifik ada di antara asia dan Australia barat, Amerika Timur, Antartika selatan dan Arktik utara. Ada sekitar 25 ribuan pulau yang masuk wilayah samudra pasifik, dan jumlah ini masih lebih besar jika seluruh kepulauan di luar samudra pasifik digabung menjadi satu. Orang pertama kali menamai samudra ini dengan nama samudra pasifik diketahui bernama Fernando de Magelhaens, seorang penjelajah asal portugis.

2. Samudra Atlantik

Luasnya mencapai 106,4 juta km². Itu artinya samudra atlantik meliputi 20 % dari permukaan bumi. Jika dilihat dari atas udara, samudra ini memiliki bentuk yang menyerupai huruf “S”. Samudra atlantik bisa dibagi menjadi dua yaitu atlantik utara dan atlantik selatan yang keduanya dibatasi oleh garis khatulistiwa. Sedangkan untuk sebelah timur samudra dibatasi oleh benua eropa dan benua afrika. Untuk sebelah barat, samudra ini dibatasi oleh Amerika utara dan amerika selatan. Untuk debit air yang “menggenangi” samudra atlantik diperkirakan sekitar 323.600.000 km³ dengan kedalaman air laut rata rata sekitar 3.926 m.

3. Samudra Hindia

Samudra terluas ketiga di dunia adalah Samudra Hindia. Luasnya mencapai sekitar 68.556 juta km². Samudra hindia memiliki panjang pantai sekitar 66.526 km. Batas sebelah utara samudra hindia adalah selatan asia, sedangkan untuk batas selatan dari samudra hindia adalah samudra antartika. Untuk sebelah barat samudra ini dibatasi oleh jazirah arab serta benua afrika. Dan untuk wilayah timur samudra yang satu satunya menggunakan dengan nama negara, yaitu india, ini dibatasi oleh semenanjung Malaya, pulau sumatera, pulau jawa dan Australia. Samudra hindia memilki titik terdalam, yaitu palung jawa dengan kedalaman sekitar 7.258 m.

4.  Samudra Antartika

Samudra Antartika merupakan massa air asin yang mengelilingi benua antartika. Disepakati sebagai salah satu samudra di dunia oleh Organisasi Hidrografik Internasional (IHO) pada tahun 2000. Samudra ini mempunyai luas sekitar 20.327.000 km² dan memiliki garis pantai kurang lebih 17.968 km. Suhu air laut samudra antartika diperkirakan berfluktuasi antara 10 hingga -2°C.

5. Samudra Arktik

Sebenarnya masih belum ada kesepakatan secara menyeluruh untuk menyebut bahwa lautan arktik yang memiliki luas lebih kurang 14.056.000 km². Setidaknya ada perbedaan pandangan antara mereka yang tergabung dalam Organisasi Hidrografik Internasional (IHO) dan para ahli samudra. Organisasi Hidrografik Internasional (IHO) sepakat bahwa lautan arktik masuk dalam kategori samudra dan menempatkannya di posisi ke – 5 samudra terluas di dunia. Sedangkan para ahli samudra lebih memasukkannya ke dalam kategori Laut Mediteranian dan masuk ke dalam wilayah Samudra Atlantik. Letak samudra ini ada di wilayah bumi bagian utara, dan sebagian besar berada di wilayah Arktik Kutub Utara. Samudra Arktik juga dikenal samudra yang memiliki kadar garam paling sedikit dibandingkan dengan keempat samudra yang ada di dunia. Hal ini dikarenakan rendahnya penguapan serta banyaknya air tawar yang masuk yang berasal dari es yang mencair, sementara tempat keluar air ke daerah sekitar sangat terbatas.

Demikianlah daftar nama samudra (lautan) yang terluas dan terbesar di dunia. Semoga bermanfaat. Silakan baca artikel kami yang lain DISINI