Nih Pengertian Cerpen Dan Ciri-Ciri Cerpen

Pengertian Cerpen dan Ciri-ciri Cerpen. Pasti anda semuanya juga sudah pernah bercerita kan tentang masa lampau yang pernah anda jalani. secara langsung dan tidak langsung kita semuanya pasti memiliki keunikan cerita baik dari kejadian yang pernah kita alami atau bahkan yang pernah kita lakukan bersama-sama teman kita.

Nah mengenai cerita pada bahasan kali ini mater sekolah akan mencoba menjelaskannya secara rinci mulai dari pengertian cerpen dan ciri-ciri cerpen. semoga topik bahasan kali ini membantu anda semuanya dalam mempelajari materi bahasa indonesia, nah tidak usah lama-lama langsung saja yuk kita bahasa satu persatu.

Pengertian Cerpen


 Pasti anda semuanya juga sudah pernah bercerita kan tentang masa lampau yang pernah anda  Nih Pengertian Cerpen dan Ciri-ciri Cerpen
Apa itu cerpen? kalau di amati kata cerpen sendiri merupakan singkatan dan kepanjangan dari cerpen adalah cerita pendek, lantas apa pengertian cerpen sebenarnya? secara singkat pemahaman cerpen adalah cerita pendek yang kata-katanya tidak melebihi dari 10.000 ( sepuluh ribu ) kata, untuk lebih jelasnya berikut penjelasan dari beberapa ahli.

  1. Cerpen adalah karangan pendek yang berbentuk prosa. Dalam cerpen dipisahkan sepenggal kehidupan tokoh, yang penuh pertikaian, peristiwa yang mengharukan atau menyenangkan, dan mengandung kesan yang tidak mudah dilupakan (Kosasih dkk, 2004:431).
  2. Pengertian cerpen oleh Nugroho Notosusanto (dalam Tarigan, 1993:176) mengatakan bahwa cerpen adalah cerita yang panjangnya di sekitar 5000 kata atau kira-kira 17 halaman kuarto spasi yang terpusat dan lengkap pada dirinya sendiri.
  3. Pengertian cerpen Menurut menurut, H.B. Jassin Sang Paus Sastra Indonesia mengatakan bahwa: yang disebut cerita pendek harus memiliki bagian perkenalan, pertikaian, & penyelesaian.
  4. Sedangkan Pengertian cerpen menurut A. Bakar Hamid dalam tulisan “Pengertian Cerpen” berpendapat bahwa: yang disebut cerita pendek itu harus dilihat dari kuantitas, yaitu banyaknya perkataan yang dipakai: antara 500 – 20.000 kata, adanya satu plot, adanya satu watak, & adanya satu kesan.
  5. Dan menurut, Aoh. KH, mendefinisikan bahwa: cerpen adalah salah satu ragam fiksi / cerita rekaan yang sering disebut kisahan prosa pendek.
Setelah mengetahui pengertian cerpen diatas terus apa sih ciri-ciri cerpen itu? berikut penjelasannya;

Ciri-Ciri Cerpen


Apa saja sih ciri-ciri cerpen itu? setiap cerpen memiliki ciri khusus yang bisa di katakan sebagai cerpen yang baik dan biasanya dengan mengetahui alur cerita serta inti dari cerpen tersebut kita akan lebih mengetahui bahwa itu merupakan salah dari cerpen / cerita pendek, nah apa saja donk cirinya, berikut ciri-ciri cerpen;
  • Terdiri kurang dari 10.000 (sepuluh ribu) kata.
  • Habis dibaca dengan sekali duduk.
  • Isi dari cerita berasal dari kehidupan sehari-hari.
  • Penggunaan kata-kata yang mudah dipahami oleh pembaca.
  • Bersifat fiktif.
  • Hanya mempunyai 1 alur saja.
  • Bentuk tulisan yang singkat lebih pendek dari Novel.
  • Penokohan dalam cerpen sangat sederhana.
  • Mengangkat beberapa peristiwa saja dalam hidup.
  • Kesan dan pesan yang ditinggalkan sangatlah mendalam sehingga si pembaca ikut merasakan isi dari cerpen tersebut.
Nah sudah lengkap bukan bahasan kali ini mengenai Pengertian Cerpen dan Ciri-ciri cerpen, semoga bermanfaat teman pembaca semuanya, dan adik-adik semua bisa like dan share informasi ini ke teman kalian juga , biar tambah ilmunya ya.