Nih Pengertian Kubus, Rumus Luas Kubus Dan Volume Kubus Yang Wajib Anda Tahu !!!

Apa Rumus Luas Kubus dan Volume Kubus itu? Jika dipikir-pikir ini materi luas dan volume kubus sudah kita dapatkan mulai dari bangku SD,SMP/Mts bahkan di SMA/SMK juga masih memerlukan rumus ini.

Matematika atau bisa disebut dengan materi rumus sejati ini tidak bisa di rubah lagi, karena sifatnya adalah tetap dan biasanya mengalami kemajuan seiring berkembangnya jaman, banyak siswa /siswi yang masih belum tahu cara menghitung luas kubus dan volume kubus ini karena memang mereka belum tahu atau bahkan lupa bagaimana rumus luas kubus dan volume kubus itu.

Ini wajar saja kok, karena memang kita menerima materi tidak hanya matematika saja, banyak materi yang lain juga, jadi ketika harus mengingat semua, jadinya lupa semua deh, hehehe, semua tergantung pada kemampuan daya mengingat siswa dan siswa, bahkan ada yang mudah sekali menerima pelajaran matematika / berhitung, dan ada juga yang susah sekali, bagi yang suka dengan matematika saya yakin kalau ditanya rumus luas kubus dan volume kubus akan mudah sekali menjawabnya, tapi bagaimana dengan anda yang belum tahu? pasti cuma tengok kanan dan kiri kan, tetapi anda tidak usah kawatir disini kalian akan mendapatkan penjelasan lengkap dari materi sekolah yang akan membantu anda menemukan teka-teki mengenai Rumus Luas Kubus dan Rumus Volume Kubus.

Jika anda belum tahu rumusnya, saya harap dibaca dengan baik ya, jangan lupa di pelajari dan banyak praktek mengerjakan soal-soal matematika sehingga anda akan secara otomatis mengingat rumus luas kubus ini,untuk menyingkat waktu yuk langsung kita bahas satu persatu ya.

Pengertian Kubus


Kubus adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi oleh enam bidang sisi yang kongruen berbentuk bujur sangkar. Kubus memiliki 6 sisi, 12 rusuk dan 8 titik sudut. Kubus juga disebut bidang enam beraturan, selain itu juga merupakan bentuk khusus dalam prisma segiempat.

Rumus Luas Kubus


Kenapa harus ada rumus segala sih, apa tujuan sebenarnya dengan rumus ini, pada dasarnya rumus luas kubus ini mempermudah anda dalam menghitung luas kubus, tidak mungkin kan anda membawa meteran atau penggaris terus menghitung komplit semua, yah kalau itu kecil kubusnya, coba kalau ukuran sisinya 10meter, gimana anda menghitung luas kubus itu? kesusahan kan, nah untuk cara mudah menghitung rumus kubus ini, anda bisa menggunakan rumus berikut ini;

Jika kita perhatikan kubus ini merupakan gabungan dari beberapa bangun persegi empat, kalau segi emat untuk menghitung luasnya cukup dengan rumus S x S, tetapi pada kubus kita menghitung luas berdasarkan jumlah sisi yang ada bangun tersebut.untuk lebih jelas perhatikan gambar kubus dibawah ini;


Jika kita amati gambar kubus diatas bisa kita simpulkan bahwa Kubus memliki 6 sisi, 12 rusuk dan 8 titik sudut, nah dari sinilah kita dengan mudah bagaimana menghitung rumus luas kubus, jika persegi luas cuma S x S, karena hanya memiliki 2 sisi saja, tetapi pada kubus ada 6 sisi, ini berarti 6 kelipatan dari persegi, jadi bisa kita simpulkan untuk Rumus Luas Kubus adalah sebagai berikut;

Luas Kubus = 6 ( Sisi x Sisi )

Untuk Lebih jelas silahkan anda perhatikan penjelasan lengkapnya dibawah ini;
Apa Rumus Luas Kubus dan Volume Kubus itu Nih Pengertian Kubus, Rumus Luas Kubus dan Volume Kubus yang wajib anda tahu !!!
Jika kita lihat gambar diatas maka dapat saya berikan penjelasan detailnya seperti ini;
Sebuah kubus memiliki
  • 6 buah bidang permukaan/ sisi yang sama
  • 8 Titik sudut
  • 12 buah rusuk
1. Sisi/Permukaan kubus:
  • Bidang ABCD
  • Bidang EFGH
  • Bidang ABFE
  • Bidang CDHG
  • Bidang BCGF
  • Bidang ADHE
2. Rusuk Kubus

Sebuah Kubus memiliki 12 buah rusuk yang ukurannya sama semua. Rusu tersebut adalah :
AB, BC, CD, AD, AE, BF, CG, DH, EF, FG, GH, EH
Rusuk-rusuk yang sejajar pada kubus :
  •  AB//DC//EF //HG
  •  AD// BC// FG//EH
  •  AE// BF//CG// DH
3.Titik Sudut: A, B, C, D, E, F, G, H

Jadi bisa di simpulkan bahwa Rumus Luas kubus adalah :
L : 6 x ( Sx S )
silahkan lihat gambar rumus luas kubus dibawah ini;
Apa Rumus Luas Kubus dan Volume Kubus itu Nih Pengertian Kubus, Rumus Luas Kubus dan Volume Kubus yang wajib anda tahu !!!
Ket, 
L = Luas
S = Sisi

Rumus Volume Kubus

Sekarang dengan penjelasan diatas pasti anda semua sudah tahu kan rumus luas kubus, nah sekarang saatnya kita bahas mengenai volume kubus, tidak perlu saya jelaskan lagi ya, teorinya bisa anda dapatkan pada penjelasan gambar diatas, nah apa sih rumus volume kubus itu, adapun rumusnya adalah sebagai berikut;

Volume di gambarkan dengan lambang : V, jadi bisa dibuat rumusnya sebagai berikut;
V = S x S x S
atau anda bisa lihat gambar dibawah ini untuk lebih jelas

Apa Rumus Luas Kubus dan Volume Kubus itu Nih Pengertian Kubus, Rumus Luas Kubus dan Volume Kubus yang wajib anda tahu !!!

Saya rasa sekarang anda sudah paham kan, nah berikutnya sebagai ukuran anda sudah benar-benar paham, sudah saya sertakan juga contohnya, berikut contohnya;

Contoh Soal Kubus


1. Hitung Luas permukaan kubus dengan panjang rusuk 7 cm !
Jawab :Luas permukaan kubus = 6 x s2
= 6 x 72
= 6 x 49
= 294 cm2

2. Hitung Luas permukaan kubus jika luas salah satu sisinya 10 cm2 !

Jawab :Luas salah satu sisi = 10
s2 = 10
Luas permukaan kubus = 6 x s2
= 6 x 102
= 6 x 100

3 . Diket sebuah bangun ruang kubus dg panjang sisi sebuah kubus sebesar 20 cm, maka hitunglah Volume, Keliling dan Luas permukaan Kubus tersebut.

Jawabnya.

Rumus Volume Kubus : V = s³

jadi Vol = 20 x 20 x 20

Volume = 8000 m³

Rumus Keliling Kubus : K = 12 x s

K = 12 x 20

    = 240 cm

Rumus Luas Permukaan Kubus : L = 6 x s²

L = 6 x 20 x 20

L 2400 cm²
= 600 cm2

Nah sekarang sudah benar-benar paham kan tentang Rumus Luas Kubus dan Volume Kubus, cukup sampai disini pembahasan materi matematika kali ini, kita akan lanjutkan ke materi berikutnya ya di postingan mendatang.

Jika artikel ini berguna bagi anda, silahkan anda bisa klik tombol share dibawah artikel ini, dan jangan lupa tinggalkan komentar jika ada yang perlu ditanyakan ya, terimakasih