Nih Pengertian Unsur, Macam-Macam Unsur,Lambang Unsur Dan Cara Penulisan Lambang Unsur

Unsur adalah zat tunggal yang tidak dapat diuraikan lagi menjadi zat lain yang lebih sederhana melalui reaksi kimia biasa. Jumlah unsur sampai sekarang ada 114 jenis. Dari 114 jenis unsur itu, sebanyak 92 jenis unsur terdapat di alam, sedangkan sisanya merupakan unsur buatan. Unsur digolongkan menjadi unsur logam dan nonlogam.  Unsur logam seperti emas, perak, besi, alumunium, tembaga, raksa, dan sebagainya. Unsur nonlogam seperti hidrogen, oksigen dan belerang.

Benda yang ada di sekitar kita terdiri dari bagian-bagian yang kecil sebagai penyusun benda tersebut. Misalnya air yang mengandung gula. Ketika air gula dipanaskan, ada bagian yang menguap, yaitu air. Air mengandung unsur oksigen dan hidrogen. Pada saat itu terdapat pula bagian gula yang menghitam seperti arang yang berupa karbon.Dengan demikian, gula terdiri dari bagian-bagian yang berupa karbon, hidrogen, dan oksigen. Bagian-bagian itulah yang disebut unsur.

Masih membahas dalam Materi IPA kelas 7, kali ini materi sekolah akan menjelaskan secara rinci apa itu sebenarnya Pengertian Unsur, Jenis Unsur dan juga lambang unsur yang wajib anda ketahui, sehingga ini akan mempermudah anda nantinya dalam mempelajari pelajaran IPA, untuk itulah jika anda ingin menguasai semua materi saya berharap anda bisa membudayakan sejak dini belajar dan belajar dan juga rajin membaca. Untuk menyingkat waktu langsung saja yuk kita bahas satu persatu-satu dari pokok bahasan berikut;
  1. Pengertian Unsur
  2. Macam-macam Unsur
  3. Lambang Unsur
dari ketiga pokok bahasan diatas, saya akan menyampaikan secara rinci agar anda benar-benar paham terkait dengan materi kalasifikasi zat yang ada pada kelas 7 pada bab 2, untuk lebih jelasnya yuk kita pelajari bersama-sama.

Pengertian Unsur


Unsur diartikan sebagai bagian zat murni yang kecil, sederhana, dan tidak dapat diuraikan melalui reaksi kimia biasa. Unsur dapat diuraikan dengan cara yang lain, sehingga terbagi menjadi beberapa atom. Atom dapat diartikan sebagai partikel terkecil dari suatu unsur.

Macam-macam unsur

Unsur digolongkan menjadi 3, yaitu
  1. unsur logam (metal)
  2. Unsur logam dapat menghantarkan listrik dan panas. Contoh unsur logam, baja, besi, seng, aluminium, tembaga, emas, perak, dan sebagainya.
  3. non logam (non metal)
  4. Unsur nonlogam tidak dapat menghantarkan listrik dan panas. Contoh unsur nonlogam, hidrogen, oksigen, karbon dan helium.
  5. semilogam (semimetal)
  6. Unsur semilogam adalah unsur yang sifatnya berada di antara logam dan nonlogam, yang sewaktu-sewaktu dapat menghantarkan  listrik  dan  waktu  yang lain tidak dapat menghantarkan listrik. Contoh semilogam, germanium dan silikon.

Lambang Unsur

No. Nama Unsur Lambang Keterangan
1 Hidrogen H Gas
2 Helium He Gas
3 Lithium Li Padat
4 Karbon C Padat
5 Nitrogen N Gas
6 Oksigen O Gas
7 Fluor F Gas
8 Neon Ne Gas
9 Aluminium Al Padat
10 Silikon Si Padat
11 Fosfor P Padat
12 Sulfur (belerang) S Padat
13 Ferum (besi) Fe Padat
14 Aurum (emas) Au Padat
15 Cobalt Co Padat
16 Nikel Ni Padat
17 Cuprum (tembaga) Cu Padat
18 Zincum (seng) Zn Padat
19 Argentum (perak) Ag Padat
20 Merkuri (raksa) Hg Cair
21 Platinum Pt Padat
22 Plumbun (timah hitam atau timbal) Pb Padat
23 Uranium U Padat
24 Neptunium Np Buatan
25 Plutonium Pu Buatan

Penulisan Lambang Unsur

Setelah kamu memahami tentang pengertian dan pengelompokan unsur, sekarang kamu akan mempelajari tentang nama-nama dan penulisan lambang unsur. Unsur yang telah ditemukan dan ditetapkan oleh para ahli kimia sekitar 108 jenis. Dari sekitar 108 jenis unsur itu dibuat lambangnya, agar lebih mudah dalam menuliskan peristiwa reaksi kimia. Pada awalnya lambang unsur dinyatakan dengan gambar- gambar (icons).  anda bisa melihat lebih jelasnya pada gambar dibawah ini;
 adalah zat tunggal yang tidak dapat diuraikan lagi menjadi zat lain yang lebih sederhana  Nih Pengertian Unsur, Macam-macam Unsur,Lambang Unsur dan Cara Penulisan Lambang Unsur
 adalah zat tunggal yang tidak dapat diuraikan lagi menjadi zat lain yang lebih sederhana  Nih Pengertian Unsur, Macam-macam Unsur,Lambang Unsur dan Cara Penulisan Lambang Unsur
Kemudian oleh John Dalton, seorang ilmuwan dari Inggris, unsur dilambangkan dengan lambang ling-karan yang dapat diberi tanda berbeda-beda.

Sekitar tahun 1830, sistem penulisan lambang unsur diubah dengan menggunakan sistem Berzelius, yang ditemukan Jons Jacob Berzelius, ahli kimia dari Swedia. Sistem Berzelius inilah yang digunakan sampai sekarang. Cara penulisan lambang unsur pada sistem Berzelius memiliki aturan:
  1. Nama unsur diambil dari bahasa Latin, contoh besi (F), bahasa latinnya Ferum.
  2. Diambil dari huruf pertama, huruf pertama ditulis dengan kapital (besar), contohnya oksigen ditulis O.
  3. Apabila huruf pertamanya sama, maka menggunakan 2 huruf dengan huruf pertama kapital diikuti oleh salah satu huruf kecil lainnya, Contohnya nitrogen dan nikel, maka nitrogen ditulis dengan N, dan nikel ditulis dengan Ni.
Selanjutnya perhatikan nama-nama unsur dan lambangnya yang sudah dibakukan secara internasional dengan menggunakan sistem Berzelius.

Daftar Unsur dan Lambangnya yang Telah Dibakukan

 adalah zat tunggal yang tidak dapat diuraikan lagi menjadi zat lain yang lebih sederhana  Nih Pengertian Unsur, Macam-macam Unsur,Lambang Unsur dan Cara Penulisan Lambang Unsur
Materi Sebelumnya Bab I : Pengertian Besaran
Sumber :
Buku IPA Kelas 7 SMP

Nah demikian yang bisa saya jelaskan mengenai Unsur, yang mana sudah saya jelaskan lengkap mulai dari Pengertian Unsur, Macam-macam Unsur, Lambang Unsur dan Penulisan Lambang Unsur, semoga bisa bermanfaat dan membantu anda semuanya, terimakasih