Nih Pengertian Dan Contoh Tawadhu, Perilaku Tawadhu, Dan Arti Tawadhu

Pengertian dan Contoh Tawadhu, Perilaku Tawadhu, dan Arti Tawadhu-Kita sebagai manusia apalagi sebagai umat muslim tidak boleh berperilaku takabur atau sombong. Salah satu penyakit hati dalam diri manusia yang dapat menutup jalan hidayah Allah swt adalah sifat sombong atau takabur. Orang Sombong Dalam Islam adalah Penyakit yg bisa melanda seluruh lapisan masyarakat, dari yang kaya sampai yang miskin, orang alim dan bodoh, yang muslim maupun non muslim, dan lain-lainnya.

Sombong adalah watak utama dari Iblis, sebagaimana yang diterangkan dalam banyak ayat dalam Al- Qur’an. Sifat sombong memang bisa hinggap pada siapapun, namun yang lebih dominan adalah mereka yang mempunyai banyak potensi.

Untuk lebih jelasnya anda bisa belajar mengenai Pengertian dan Contoh Tawadhu, Perilaku Tawadhu, dan Arti Tawadhu, supaya kita mengerti hal-hal apa yang sangat dibenci oleh Allah SWT. Selamat belajar.
Kita sebagai manusia apalagi sebagai umat muslim tidak boleh berperilaku  takabur atau som Nih Pengertian dan Contoh Tawadhu, Perilaku Tawadhu, dan Arti Tawadhu

1. Pengertian Tawadhu dan Dalil Naqli-nya (Al-Qur’an)

Tawadhu artinya rendah hati atau tidak sombong. Jadi, tawadhu adalah ketundukan kepada kebenaran dan menerimanya dari siapa pun datangnya, baik dalam keadaan suka maupun tidak suka.

Lawan dari sifat tawadhu adalah takabur (sombong). Sifat takabur adalah sifat yang dibenci Allah dan rasul-Nya. Sebagaimana hadis Nabi dari Abdullah bin Mas’ud; bahwa Nabi Muhammad saw. bersabda: “Sombong adalah menolak kebenaran dan menganggap remeh orang lain.” (H.R. Muslim)
Firman Allah swt:

Artinya: “Dan rendahkanlah dirimu terhadap orang-orang yang beriman yang mengikutimu.” (Surah Asy-Syμr± [26]:215).

2. Contoh Perilaku Tawadhu Nabi Muhammad saw.

Sifat rendah hati membawa orang ke tingkat yang terhormat dan dihargai dalam masyarakat. Orang akan terhormat jika mau menghormati orang lain. Sementara itu, sifat sombong dapat membuat orang menjauh dan membenci. Rendah hati merupakan sifat nabi, rasul, sahabat nabi, dan orang-orang yang saleh. Salah satu bentuk ketawadhuan Rasulullah saw. adalah beliau tidak suka dipuji dan disanjung secara berlebihan. Dari Umar bin Kha¯¯ab r.a., ia berkata:

Rasulullah saw. pernah bersabda, yang artinya:
“Janganlah kamu sanjung aku (secara berlebihan) sebagaimana kaum Nasrani menyanjung ‘Isa bin Maryam a.s. secara berlebihan. Aku hanyalah seorang hamba Allah, maka panggillah aku dengan sebutan: hamba Allah dan rasul-Nya.” (H.R. Abu Daud).

3. Perilaku Tawadhu dalam Kehidupan Sehari-hari

Orang yang bertawadhu akan tampak dari sikap dan perbuatannya dalam kehidupan sehari-hari. Ciri sikap tawadhu terbagi dua.
a. Tawadhu yang Terpuji
Tawadhu yang terpuji adalah ketawadhuan seseorang kepada Allah dan tidak mengangkat diri di hadapan hamba-hamba Allah swt. Contoh perilaku tawadhu ini, antara lain:
1.tidak berlebihan, baik dalam perhiasan, makanan, dan minuman;
2.sopan santun dalam bertindak dan bersikap;
3.merendahkan nada suaranya;
4.gemar menolong orang yang membutuhkan pertolongan.

b. Tawadhu yang Dibenci

Tawadhu yang dibenci adalah tawadhunya seseorang kepada Allah karena menginginkan dunia ada di sisinya. Contoh perilaku tawa«u ini, antara lain:
1.bersikap sopan santun karena memiliki maksud yang tidak baik;
2.tidak berlebihan memakai harta karena takut dicuri atau dimintai zakat;
3.menolong orang yang membutuhkan pertolongan dengan maksud ada imbalan dari yang ditolongnya.

Macam Macam Rukun Islam dan Penjelasan 

Demikian sedikit dari materi Islami yang dapat saya sampaikan mengenai pembahasan tentang Pengertian dan Contoh Tawadhu, Perilaku Tawadhu, dan Arti Tawadhu. Semoga bermanfaat dan menambah ilmu keagamaan anda semua. Terimakasih.