Nih Pengertian Taat, Contoh Dan Perilaku Taat, Taat Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Perilaku Taat (Patuh) harus dimiliki setiap diri manusia,jika kita tidak memiliki perilaku taat mungkin kehidupan di Dunia tidak ada peraturan.Perilaku taat ini mungkin sering kita langgar, contoh sederhana apakah kita sudah melakukan shalat 5 fardhu?, apakah kita sudah taat kepada Allah?, bahkan terkadang mungkin kita juga masih belum taat terhadap diri sendiri.

Perhatikan hadis Nabi Muhammad saw. yang artinya: Dari Ibnu Umar r.a. Nabi Muhammad saw. bersabda: “Wajib bagi seorang Muslim mendengarkan dan taat sesuai dengan yang disukai dan apabila diperintah untuk menjalankan maksiat jangan dengarkan dan jangan taati “.(H.R. Muslim).

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang Pengertian Taat, Contoh dan Perilaku Taat, Taat Dalam Kehidupan Sehari-Hari. Saya akan membagikan sedikit ilmu tentang pengetahuan Islami yang sudah saya tuliskan dibawah ini.

1. Pengertian Taat dan Dalil Naqli-Nya (Al-Qur’an).

Taat dapat diartikan patuh. Dengan kata lain, taat adalah upaya untuk selalu mengikuti petunjuk Allah dengan cara melaksanakan perintah dan menjauhi segala larangan-Nya. Ketaatan seseorang kepada Allah sangat bergantung kepada keimanannya. Semakin kuat imannya maka semakin taat kepada Allah. Kalau taat kepada Allah swt., kita juga harus taat kepada Rasulullah.
Firman Allah swt.:
jika kita tidak memiliki perilaku taat mungkin kehidupan di Dunia tidak ada peraturan Nih Pengertian Taat, Contoh dan Perilaku Taat, Taat Dalam Kehidupan Sehari-Hari
Artinya:
“Hai orang-orang yang beriman taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah kepada Allah (Al-Qur’an) dan Rasul (Sunahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya “. (Surah An-Nisa’ [4]:59).

Taat dibagi menjadi 3,yaitu:
1. Taat Kepada Allah S.W.T.
Taat kepada Allah S.W.T yaitu taat menjalankan semua perintahnya dan menjauhi segala larangannya. Berikut Firman Allah S.W.T :
jika kita tidak memiliki perilaku taat mungkin kehidupan di Dunia tidak ada peraturan Nih Pengertian Taat, Contoh dan Perilaku Taat, Taat Dalam Kehidupan Sehari-Hari
Artinya :"Katakanlah: hendaklah kamu taat kepada Allah dan Rasul. Tetapi jika kamu berpaling, maka sesungguh­nya Allah tidak suka kepada orang-orang yang kafir." ( Q.S. Ali Imran [3] : 32 ).

Ada 3 makna taat kepada Allah swt., yaitu taat bermakna patuh, penurut dan tunduk.
a. Taat Bermakna Patuh
Taat bermakna patuh adalah mematuhi perintah Allah swt. dan menjauhi larangannya. Perintah Allah, contohnya salat, puasa, dan menunaikan zakat. Sementaraitu, yangdilarangAllah, sepertiminumminumanyangmemabukkan, meninggalkan salat fardu, berjudi, dan mengambil hak orang lain.
b. Taat Bermakna Penurut
Taat bermakna penurut adalah menuruti semua aturan yang bersumber dari ajaran Islam. Contohnya, yang tercantum dalam surah Al-Maidah ayat 6, yang menerangkan jika kita hendak melaksanakan salat harus ada aturan, yaitu harus berwudhu atau bertayamum.
c. Taat Bermakna Tunduk
Taat bermakna tunduk adalah tunduk terhadap qada dan qadar yang datangnya dari Allah swt., seperti kita tunduk bahwa Allah swt. menetapkan manusia hanya boleh beribadat kepada Allah.

2. Taat Kepada Rasul-Nya
Taat kepada Rasul yaitu setiap muslimin harus melaksanakan ajaran - ajaran yang terdapat dalam hadist Nabi Muhammad SAW.
jika kita tidak memiliki perilaku taat mungkin kehidupan di Dunia tidak ada peraturan Nih Pengertian Taat, Contoh dan Perilaku Taat, Taat Dalam Kehidupan Sehari-Hari
Artinya :
Dan ta`atlah kepada Allah dan ta`atlah kepada Rasul, jika kamu berpaling maka sesungguhnya kewajiban Rasul Kami hanyalah menyampaikan (amanat Allah) dengan terang. ( Q.S. At - Tagabun [64] : 12 ).

3. Taat Kepada Ulil Amri ( Pemimpin )
Taat kepada Ulil Amri berarti setiap umat muslim harus taat terhadap setiap pemimpinnya masing - masing selama masih dalam jalur kebenaran dan diridhai Allah SWT dan tidak menyimpang dari ajaran Islam.

2. Contoh Taat dan Meneladaninya

Contoh taat kepada Allah swt., yaitu:
a) melaksanakan salat fardu lima waktu dengan ikhlas dalam hati;
b) menunaikan zakat atau sebagian hartanya di jalan Allah;
c) berpuasa di bulan Ramadan;
d) melaksanakan ibadah haji bagi yang mampu melaksanakannya;
e) berbuat baik dan berbakti kepada kedua orang tua;
f) menjaga sopan santun ketika berbicara;
g) jujur memegang amanah yang diberikan;
h) sabar ketika tertimpa musibah, dan bersyukur ketika mendapat rezeki;
i) selalu berkalimah thayyibah, tidak berkata-kata kotor;
j) selalu berbuat dan beramal saleh;
k) saling menasihati dengan haq dan kesabaran.

3. Perilaku Taat dalam Kehidupan Sehari-hari

Ketaatan terhadap Allah, rasul, dan ulil amri merupakan hal yang baik untuk amal ibadah kita. Ketaatan kepada Allah tidak hanya asal taat. Dalam pelaksanaannya, ketaatan kepada Allah harus sungguh-sungguh sesuai dengan kemampuan yang dimiliki tanpa alasan apapun.
Sebagai utusan Allah swt, Nabi Muhammad saw, mempunyai tugas menyampaikan amanat kepada umat manusia tanpa memandang status, jabatan, suku, dan sebagainya. Oleh karena itu, bagi setiap Muslim yang taat kepada Allah swt, harus melengkapinya dengan menaati segala perintah Rasulullah saw, sebagai utusan-Nya.
Firman Allah swt.:
jika kita tidak memiliki perilaku taat mungkin kehidupan di Dunia tidak ada peraturan Nih Pengertian Taat, Contoh dan Perilaku Taat, Taat Dalam Kehidupan Sehari-Hari
Artinya:
“ Dan taatlah kepada Allah dan taatlah kepada rasul, jika kamu berpaling, maka sesungguhnya kewajiban rasul kami hanyalah menyampaikan (amanah Allah) dengan terang “.(Surah At-Tagabun [64]:12).

Jenis ketaatan seperti yang disebutkan di atas akan lebih sempurna kalau diiringi dengan ketaatan dan kepatuhan kepada ulil amri atau pemimpin. Ketaatan tersebut artinya harus selalu taat dan patuh terhadap peraturan yang telah ditentukan bersama. Hal ini dilakukan selama peraturan itu masih di atas nilai-nilai kemanusiaan dan tidak menyimpang dari aturan agama Islam.Ketaatan itu tidak hanya pada pemimpin secara luas, dalam arti sempit pun harus menjadi keseharian kita. Contohnya, seorang anak harus taat dan patuh pada kedua orang tuanya, murid kepada gurunya, atau istri kepada suaminya.
Hadis Nabi Muhammad saw.:
jika kita tidak memiliki perilaku taat mungkin kehidupan di Dunia tidak ada peraturan Nih Pengertian Taat, Contoh dan Perilaku Taat, Taat Dalam Kehidupan Sehari-Hari
Artinya :
“Dari Ibnu Umar r.a. dari Nabi Muhammad saw.: Beliau bersabda, “Seorang Muslim wajib patuh dan setia terhadap pemimpinnya, dalam hal yang disukai maupun tidak disukai, kecuali dia diperintah untuk melakukan maksiat, dia tidak boleh patuh dan taat kepadanya”. (H.R. Muslim ).

Cukup segitu saja materi Islami yang dapat saya sampaikan.Semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan anda semua dengan adanya materi Pengertian Taat, Contoh dan Perilaku Taat, Taat Dalam Kehidupan Sehari-Hari ini,kurang lebihnya saya minta maaf jika ada tulisan yang kurang baik.Terimakasih