Nih Pengertian Ide Pokok (Cara Menentukan Ide Pokok, Contoh Ide Pokok Di Awal, Di Akhir Dan Tersirat Dalam Setiap Kalimat)

Pengertian Ide pokok (Cara Menentukan Ide pokok, Contoh Ide Pokok di Awal, di Akhir dan Tersirat dalam setiap Kalimat) - Ide pokok merupakan inti dari isi paragraf. Setelah membaca sebuah novel atau cerita apapun pasti ada ide pokoknya. Bagaimana cara menentukan ide pokok ?

Untuk mmengetahui lebih lanjut anda bisa mempelajarinya sendiri lewat artikel yang saya buat kali ini yaitu Pengertian Ide pokok (Cara Menentukan Ide pokok, Contoh Ide Pokok di Awal, di Akhir dan Tersirat dalam setiap Kalimat). Selamat belajar.
 di Akhir dan Tersirat dalam setiap Kalimat Nih Pengertian Ide pokok (Cara Menentukan Ide pokok, Contoh Ide Pokok di Awal, di Akhir dan Tersirat dalam setiap Kalimat)
Ide pokok adalah kalimat inti atau pokok paragraf. Ide pokok disebut juga gagasan pokok atau kalimat utama. Ide pokok didukung oleh ide-ide penjelas dalam paragraf.

Cara menentukan ide pokok dapat dilakukan dengan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Bacalah setiap paragraf dalam bacaan dengan cermat!
2. Cermati kalimat pertama hingga terakhir. Apakah kalimat pertama mengandung ide pokok atau ide penjelas? Apakah kalimat kedua yang mengandung ide pokok? Teruslah membaca kalimat demi kalimat hingga kita menemukan ide pokok paragraf. Ide pokok sebagai inti paragraf terletak dalam kalimat utama. Kalimat utama dapat terletak di awal, akhir, awal dan akhir, atau seluruh paragraf. Ide pokok disebut juga gagasan pokok atau utama. Ide pokok paragraf didukung oleh ide penjelas. Ide penjelas disebut juga gagasan penjelas. Ide penjelas terletak dalam kalimat penjelas.

Contoh Ide Pokok

1. Ide pokok pada awal paragraf
Mesin mempermudah perkembangan industri. Mekanisasi industri memungkinkan dilakukannya produk massal dengan mutu tinggi, merangsang pedagang untuk berlomba-lomba menciptakan produk-produk baru. Selain itu, mesin juga mampu menekan biaya produksi.

Ide pokok paragraf
tersebut terletak pada awal paragraf. Paragraf ini disebut paragraf deduktif atau paragraf umum ke khusus. Paragraf ini disusun dengan mengemukakan pokok-pokok persoalan yang bersifat umum ke hal-hal yang bersifat khusus.

2. Ide pokok pada akhir paragraf
Beberapa kalangan pengusaha yang masih memegang nilai-nilai bisnis yang bersih mulai menerapkan dan mengembangkan prinsip perdagangan baru. Mereka tetap berpendapat bahwa bisnis itu sebenarnya mengandung nilai-nilai yang luhur. Dengan bisnis, martabat manusia menjadi ditinggikan dan termuliakan. Oleh karena itu, sifat serta tindakan buruk harus dilenyapkan dari dunia usaha.

Ide pokok paragraf di depan terletak pada akhir paragaf. Paragraf ini disebut paragraf induktif atau paragraf khusus ke umum. Paragraf ini disusun dengan menguraikan rincian hal-hal yang bersifat khusus ke hal-hal yang bersifat umum.

3. Ide pokok pada awal dan akhir paragraf
Anda telah lulus kuliah dan kesulitan mendapatkan pekerjaan. Berbagai kompetisi harus dilalui untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Anda harus bisa mencari alternatif usaha karena mendapatkan pekerjaan itu sulit.

Paragraf di atas merupakan paragraf campuran paragraf induktif dan paragraf deduktif. Paragraf campuran merupakan paragraf yang memaparkan kesimpulan di awal paragraf dan ditegaskan lagi di akhir paragraf.

4. Ide pokok tersirat dalam setiap kalimat

Doni menarik napas panjang. Menahan beban pikiran yang begitu berat. Ia mencoba tetap bersabar dengan segala perlakuan saudaranya. Di meja tamu, tampak Bram duduk dengan tenang. Tak sedikit rasa bersalah itu tampak. Sebaliknya, Doni merasa tak enak jika tidak dapat membantu saudaranya.

Ide pokok tersirat dalam paragraf. Kalimat-kalimat yang membentuk paragraf tersebut mempunyai kedudukan yang sama penting. Paragraf ini berupa uraian yang bersifat deskriptif atau naratif.

Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai materi Bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat untuk anda semua dengan adanya Pengertian Ide pokok (Cara Menentukan Ide pokok, Contoh Ide Pokok di Awal, di Akhir dan Tersirat dalam setiap Kalimat) ini, mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan ataupun pembahasan. Terimakasih.