Nih Penjelasan Dan Perbedaan Tentang Materi Fakta Dan Opini

Fakta merupakan kejadian yang sudah atau pernah terjadi dan sudah teruji kebenarannya. Sedangkan opini merupakan mitos atau kejadian yang tidak terjadi atau hanya berupa pendapat dan gagasan dari seseorang saja.

Berikut Penjelasan dan Perbedaan Fakta dan Opini dibawah ini, mohon dipahami dan amati materi yang sudah saya cantumkan supaya dapat menambah anda belajar.

Penjelasan dan Perbedaan Tentang Materi Fakta Dan Opini 

Fakta merupakan kejadian yang sudah atau pernah terjadi dan sudah teruji kebenarannya Nih Penjelasan dan Perbedaan Tentang Materi Fakta Dan Opini

Adapun penjelan dan perbedaannya tentang Fakta dan Opini sebagai berikut :
Pengertian Fakta
Pengertian fakta adalah kejadian atau keadaan yang benar-benar terjadi serta dilihat oleh panca indera manusia itu sendiri atau telah dilakukan suatu pengujian dan pemastian di khalayak umum. Fakta dapat disebut juga sebagai hasil dari pengamatan secara objektif yang dapat di verifikasi kebenarannya oleh siapapun. Informasi yang didengar dapat juga disebut dengan fakta apabila informasi tersebut merupakan suatu peristiwa yang berupa kenyataan dan benar-benar terjadi.

Adapun contoh Fakta sebagai berikut :
Tragedi lumpur Sidoarjo terjadi 29 Mei, tujuh tahun lalu. Lumpur dari dalam perut bumi menggenangi belasan desa di Kecamatan Porong, Sidoarjo. Ribuan keluarga mengungsi dan terpaksa meninggalkan komunitas sosial yang terbangun sejak puluhan tahun.

Pengertian Opini
Pengertian opini sendiri merupakan suatu ide, pikiran, atau pendapat yang biasanya bersifat tidak objektif serta belum di sahkan kebenarannya. Seperti suatu prediksi dimana belum terdapat orang yang dapat memastikan bahwa hal tersebut benar benar ada atau terjadi. Meskipun opini bukan merupakan fakta, namun apabila opini tersebut dapat dibuktikan kebenarannya maka opini tersebut akan berukan menjadi fakta.

Adapun contoh Opini sebagai berikut :
Menurut Taufiq, sosok Joko Widodo alias Jokowi memang cukup fenomenal. Hal itu terlihat dari ramainya pemberitaan yang diikuti dengan tingginya animo masyarakat terhadapnya. Akan tetapi, menurut Taufiq, jika dibandingkan Ganjar, Jokowi masih kalah fenomenal. Ia menilai, Jokowi besar karena peran media. Sementara itu, Ganjar, kata Taufiq, merupakan sosok yang militan.

Demikian mengenai Materi sekolah yang dapat saya tulis mengenai pembahasan Penjelasan dan Perbedaan Tentang Materi Fakta Dan Opini.Mohon maaf bila salah kata dalam penulisan atau penjelasan, Sekian dari saya mohon maaf sebesar besarnya.Terimakasih